Kebiasaan di Bulan Ramadhan

Selamat menunaikan ibadah puasa yaa teman-teman, mohon maaf lahir dan bathin kepada teman(s) blogger atau teman(s) offline yang mungkin lagi baca blog ini.

Well, hari pertama puasa kebetulan hari off untuk para pekerja di seluruh Indonesia kecuali bagi mereka yang masih masuk kerja. Harap bersabar ini ujian.

Entah kenapa ya, bulan Ramadhan itu menurutku bulan paling unik sepanjang tahun karena kegiatan sehari-hari pasti agak berbeda dari biasanya. Dan setiap keluarga pasti punya tradisinya masing-masing, yee kan?

Makan sahur

Ya iyalah pasti pada makan sahur, kalo gak makan sahur mana kuat bertahan hidup setiap hari. Kalo dirumah, mamaboss yang biasanya bangunin kami semua untuk makan dan kamarku selalu diketuk berkali-kali karena emang susah dibangunin haha.

Kalo semua orang pada bangun, giliran adekku yang diutus ke depan pintu kamar. Beteweh meskipun makanan sahur itu udah dimasak seenak mungkin dan eye catchy menurut mama tapi saya selalu gak nafsu makan banyak.

Karena ngantuk brayyy.

Setelah makan sahur

Setelah makan sahur, biasanya nonton dulu acara komedi soalnya udah gak bisa tidur lagi. Pas jaman SD dulu sering diomelin kalo nonton sampe subuh, mesti disuruh tidur lagi.

Pas dewasa udah gak diomelin sih cuma ya gitu kalo nontonnya sampe subuh trus ketiduran sampe siang, hasilnya sholat subuh lewat dan balik lagi ke kebiasaan sebelum makan sahur… pintu kamar diketuk sampai saya bangun.

Oiya nggak ketinggalan ceramah pagi dari mama,Β ‘gimana rejeki itu mau datang, semuanya udah abis dipatuk ayam!’

Masa kritis

Siang hari adalah masa kritis menurutku, karena di tengah terik matahari saya kehausan dan merasa kekeringan. Macam lagi dilanda kemarau berkepanjangan, kering kerontang tubuh ini.

Kalo udah begini, biasanya sih malas ngomong, malas terlalu banyak bergerak dan kalo pas puasanya hari libur lebih suka tiduran di sofa atau di kamar dan berharap jarum jam itu bergerak lebih cepat dari biasanya.

Dan bedug di masjid berbunyi dua kali lipat lebih nyaring.

Pasar ramadhan

Salah satu jenis pasar yang pasti ada di seluruh wilayah Indonesia selain pasar terapung dan pasar tradisional.

Pasar ramadhan ini terbilang unik, karena cuma di pasar ini hampir semua jajanan tradisional bermunculan dan segala jenis minuman yang segar-segar juga ada. Makanan berat dengan segala bumbu semuanya ada, sering kali saya kebingungan mau beli apa untuk buka puasa nanti.

Saking semuanya terlihat enak dan pingin dicobain semua.

Shalat tarwihΒ 

Ketika masih di jaman sekolah dulu ya, momen shalat tarwih ini paling ditunggu setelah berbuka puasa karena anak-anak pasti pada rame ke masjid, trus pas ustadnya udah ceramah yaa saya dan temen-temen berlarian menuju pasar untuk beli jajan.

Setelah ceramahnya kelar, kami akan berlomba untuk ngambil air wudhu dan kembali melanjutkan shalat isya.

Oiya yang unik dari momen shalat tarwih ini yaa, biasanya abg-abg sejenis terong dan cabe akan singgah ke lapangan bola, ngobrol di parkiran, yang intinya adalah… pacaran.

Yah, mungkin karena di siang hari mereka nggak bisa bertemu karena sedang puasa.

Persiapan sahur

Malam hari sebelum sahur, biasanya masih ada makanan sisa berbuka puasa kan di kulkas jadi saya sama adekku biasanya makan lagi setelah pulang shalat tarwih. Soalnya, kalo pas buka puasa sering cepat kenyang jadi males makan banyak-banyak.

Sebelum tidur biasanya mama masak dulu makanan yang sekiranya bisa dipanaskan pas sahur trus nanti tinggal masak yang lainnya sebelum sahur untuk menghemat waktu.

Bagaimana suasana ramadhan di rumahmu?

Featured Image : Pinterest

Advertisements

10 thoughts on “Kebiasaan di Bulan Ramadhan

  1. Asty, selamat puasa, semoga lancar ibadahnya sebulan ke depan yaa. Ngga jauh bedalah kita ty. Apalagi edisi leyeh leyeh di kamar menanti magrib pas lagi libur πŸ˜‚πŸ˜‚

    Like

Feel free to tell me your opinion :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s