Tips Mudik Untuk Mahasiswa

Siapa nih yang masih betah di rumah atau udah pingin buru-buru mudik? Saya juga pengen mudik tapi mudik ke kampung orang sih.

Oiya, tips-tips mudik ala saya ini sebenernya bisa dilakukan bisa juga nggak. It’s up to you, soalnya saya menyadari kalo level keribetan tiap orang itu beda-beda. Bisa tergantung kebutuhan dan gengsi.

Gengsi? Iya, gengsi broh.

Ada yang males-malesan adan juga yang rajin. Ada yang pingin jadi paket komplit ada juga yang males. Intinya, kebutuhan.

Booking tiket 2 minggu sebelum mudik

Kenapa harus 2 minggu sebelumnya, karena sering kali tugas dan keperluan di kampus itu gak bisa diprediksi broh. Meskipun udah kelar ujian, eh masih aja ada keperluan admin yang mesti diurus.

Contoh, saya setiap tahun harus ngurus surat keterangan aktif kuliah untuk keperluan beasiswa anak karyawan di perusahaan tempat papaku bekerja. Dan ngurusnya gak secepat yang saya bayangkan broh, mesti nunggu 2-3 hari karena banyaknya antrian.

Atau bisa jadi ada acara dadakan dengan temen-temen kampus yang gak mau dilewatkan, jadi pulangnya bisa molor-molor dikit lah.

Bawa bekal makanan dan air minum 

Soal bawa bekal, tergantung kamu berasal dari mana. Kalo misalnya kamu berasal dari luar pulau dan harus transit sekali dua kali sebelum tiba di kampung halaman, lebih baik bawa bekal untuk menghemat budget.

Karena harga makanan di bandara itu bisa 2-3 kali lipat dari harga biasanya.

Jadi kalo pesawat kena delay atau nungguin driver travel yang lelet, bisa sambil makan.

Sediakan kantong kresek 

Tips yang ketiga ini khusus mereka yang mabok darat akut, atau persiapan kalo mendadak harus semobil dengan orang yang pake parfum dengan bau menyengat. Biasanya bikin pusing dan mual lho kalo parfumnya nyengat. Bisa sebagai persiapan kalo kamu dapet driver yang cara nyetirnya berasa lagi ikut casting film Fast To Furious.

Tisu basah itu sangat penting!

Demi apa pun, selalu sediakan tisu basah untuk berjaga-jaga kalo kalian akan buang air di toilet yang kurang bersih dan sebelum duduk di closet. Pokoknya tisu basah tuh multifungsi.

Mungkin kamu berpikir bahwa saya sok higienis padahal aslinya mah pecicilan dan teledor, tapi kalo urusan yang beginian saya cukup aware.

Jangan simpan handphone di kantong celana

Untuk menghindari handphone yang tiba-tiba muncul dari dalam saku celana, kemudian jatuh gak berasa, lebih baik simpan hanphone dalam tas dan jangan di set ke mode silent sebelum take off.

Karena sepupu-sepupu saya yang dulu kuliah di Makassar, selalu pulang dengan keluhan kehilangan handphone di bus karena di simpan di dalam saku celana. Entah dicuri apa jatoh, hanya Tuhan yang tahu.

Bawa oleh-oleh secukupnya

Tips yang berikut ini khusus untuk mereka yang anti nenteng-nenteng barang termasuk saya. Kebetulan hal ini selalu jadi perdebatan antara saya dan mama tiap kali mudik, mengingat pesanan ibu ratu ini seabrek.

Jadi, saya akalin deh… caranya adalah…..

5 hari sebelum saya tiba di rumah, sebagian pesanan mama saya kirim via ekspedisi jadi saat mudik saya cuma bawa koper dan tas lalu jalan dengan anggunnya ke pintu check in.

Simpan uang kecil di saku celana, siapkan KTP dan tiket

Sediakan pecahan 10ribuan di saku celana, untuk berjaga-jaga kalo nanti kamu akan bayar ojek, beli permen, atau apalah. Daripada buka tutup tas cuma untuk ambil dompet.

KTP dan tiket sebaiknya disatukan supaya mempercepat proses check ini, jadi kamu gak buang-buang waktu 1-2 menit untuk buka tas, cari ktp, cari tiket.

Selalu simpan e-ticket di handphone

Untuk berjaga-jaga kalo tiketmu nantinya hilang atau basah, dll. Jadi kalo hal itu terjadi, cukup tunjukkan e-ticket dalam format pdf atau e-mail kepada petugas bandara.

Well, sekian tips ala ala dari saya semoga berguna yaa.

Oiya, selamat mudik dan hati-hati di jalan semoga selamat sampai tujuan.

 

 

 

7 thoughts on “Tips Mudik Untuk Mahasiswa

  1. Gadung Giri

    sedang menunggu ulasan tips mudik untuk para jomblo. sukur sukur tips mudik jomblo balik sudah tidak menyandang status jomblo

    Like

Feel free to tell me your opinion :)

